Apply Schengen visa (Paris) dari UK

Kali ini saya merencanakan mengunjungi Paris yeaayy akhirnya. Karena visa UK hanya berlaku untuk UK dan Northern Island saja, maka saya perlu apply visa Schengen bila ingin mengunjungi Paris. Ini yang menjadi daya Tarik visa Schengin, dimana dengan memiliki visa ini kita bisa mengunjungi 26 negara di Eropa (berdasarkan www.schengenvisainfo.com/ per 4 April 2018).

Berbeda dengan negara lain, Perancis menunjuk TLScontact untuk menangani pengurusan visa Schengen (https://fr.tlscontact.com/gb/lon/index.php). Ada berbagai macam visa Schengen (tourist, study dsb), selengkapnya bisa dilihat di webpage tersebut.

Untuk saya yang memiliki visa studi di UK (tipe Tier 4) dengan maksud wisata, maka tipe visa saya adalah Tourism (Less than 90 days) (https://fr.tlscontact.com/gb/lon/page.php?pid=tourism_less90) dengan persyaratan dokumen sebagai berikut:
1. Mengisi form aplikasi visa + 1 copy setelah ditempel 1 pastofo
2. Pasfoto latar belakang putih berukuran 3,5 cm x 4,5 cm yang diambil kurang dari 3 bulan sebelumnya
3. Paspor asli yang masih berlaku setidaknya 3 bulan setelah tanggal travelling, dan fotokopi. Kalau saya sih fotokopi semua halaman identitas.
4. Paspor sebelumnya dan copy
5. Kartu BRP student saya dan copy
6. Itinerary bila travel ke lebih dari satu negara Schengen
7. Student status letter dari university
8. Print out bank statement 3 bulan terakhir, minta ke cabang Bank jangan lupa disertai dengan stempel bank.
9. Print out bookingan akomodasi dari airBnB, atau bisa juga dari booking.com. Kalau mau dapatkan voucher airBnB bisa menggunakan kode www.airbnb.co.uk/c/sanys38.
10. Print out booking ticket pp, saya beli tiketnya dari easyjet.
11. Travel insurance, saya beli yang multiple annual silver insureandgo. Sertakan certificate dan policy booklet beserta copy.

Setelah menentukan waktu pesiar dan telah booking tiket pesawat, terlebih dulu kita membuat appointment untuk visa di web TLScontact. Kita bisa mengisi semua data kita di formulir online, namun saya memilih hanya mengisi sebagian saja data yang mandatory secara online. Selebihnya saya isi secara manual setelah print out form tersebut. Kenapa demikian? Pertimbangannya saat itu lagi buru-buru dan tujuannya pengin secure dulu tanggal appointment. Selain itu untuk menghindari kesalahan mengisi data.

Saat saya mendaftar di web visa, 14 Maret, saya mendapatkan tanggal appointment 9 April. Dalam hal saya tanggal appointment yang tercepat adanya lebih dari 3 minggu setelah kita mengisi form visa online. Hal ini mungkin berbeda untuk teman-teman yang lain.

Untuk penginapan murah saya pakai airbnb, kalau belum jadi member bisa menggunakan kode referal www.airbnb.co.uk/c/sanys38 akan mendapatkan travel credit GBP 25. Lumayan bisa untuk satu malam penginapan di Paris double bed.

Ntar saya update lagi ya detil lainnya

Comments

Popular posts from this blog

Don't Be Downcast

世上只有妈妈好 SHI SHANG ZHI YOU MAMA HAO LYRICS